Waduh, Hampir Separuh Isi Kapal Pesiar Ini Terkena Virus Corona

oleh -
Petugas kesehatan Jepang bolak-balik ke kapal pesiar mewah,Diamond Princess. Hasil pemeriksaan tim medis dari 1.219 orang, 355 orang positif terkena virus corona. Foto:IG-@chakams

JALAJAHNUSAE.com – Dari 1.219 orang yang sedang plesiran di kapal pesiar mewah Diamond Princes, 355 orang dinyatakan positif menderita virus corona (COVID-19).

Hal itu disampaikan  Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato seperti dilansir kantor berita Agence France-Presse (AFP) Prancis, hari ini Minggu (16/02/2020).

Jepang terus melakukan melakukan tes kesehatan di kapal pesiar Diamond Princess, yang karantina di lepas pantai Pelabuhan Yokohama, dekat Tokyo itu.

“(Sementara), 73 orang tidak menunjukkan gejala,” jelas Katsunobu.

Data tersebut diketahui, setelah pemerintah Amerika Serikat (AS) bersiap untuk mengevakuasi beberapa warganya yang telah dikarantina sejak 5 Februari. Pemerintah Hong Kong juga hendak memulangkan 330 warganya di atas kapal tersebut.

Dalam surat yang ditunjukkan kepada penumpang di kapal tersebut, Kedutaan Besar AS mengungkapkan alasan kenapa pihaknya ingin warganya segera balik ke negaranya.

“Berdasarkan tingginya jumlah kasus COVID-19 yang diidentifikasi, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menilai penumpang dan anggota awak di atas kapal berisiko tinggi terpapar,” kata Kedutaan Besar AS dalam suratnya kepada penumpang.

Sementara itu, karantina akan berakhir 19 Februari nanti. Musibah corona di kapal ini diketahui setelah kapal merapat di Hong Kong dan menurunkan satu penumpang asal China yang positif corona.

Secara global, total kasus corona per Minggu pagi adalah 69 ribu lebih kasus. Total korban yang tewas tercatat sudah mencapai 1.600 orang lebih.

(adh)