Kemenparekraf dan UGM Garap Paket Khusus Candi Borobudur

oleh -
Candi Borobudur di Jawah Tengah masih menjadi daya tarik agi wisatawan mancanegara. Kemenparekraf bersama UGM mencoba menghadirkan paket baru agar pengunjung lebih tertarik untuk kembali. Foto:IG-@candiborobudur

JALAJAHNUSAE.com – Zaman terus berubah.Keinginan orang untuk tau terhadap sesuatu makin besar.Tak terkecuali di dunia pariwisata.Banyak destinasi heritage tau cagar budaya yang selama ini masih sebatas menampilkan permukaan.

Padahal jika dieksplor lebih jauh, termasuk legenda didalamnya, bukan mustahil bisa menjadi kekuatan untuk menarik minat wisatawan datang dan kemudian datang kembali.

Paradigma inilah yang tengah coba digeser Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Salah satunya adalah bagaimana membuat Candi Borobudur yang sudah sohor di dunia, tidak hanya menampilkan sisi keindahan bangunan saja.

Namun, aspek lain seperti cerita dibalik berdirinya candi yang didirikan pada abad ke-8 itu.

Menggandeng Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Kemenarekraf menghadirkan  paket wisata baru di Candi Borobudur.

Menurut Anggota Tim Percepatan Pengembangan Wisata Sejarah, Religi, Seni, Tradisi, dan Budaya Kemenparekraf, Revalino Tobing, potensi wisata Candi Borobudur sangat besar.

Salah seorang turis asing menunjukan relief yang ada dibangunan Candi Borobudur. Foto:IG-@candiborobudur

“Candi ini luar biasa. Kalau orang hanya tau tentang Bali, lho Borobudur juga ada. Ini juga terkenal,” katanya di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Ia menambahkan, Candi Borobudur kian menarik jika ada rancangan berupa story telling dan interpretatif tour, sehingga wisatawan tidak hanya satu kali berkunjung karena alasan bosan.

Sebab, berbeda dengan destinasi wisata lainnya, Candi Borobudur tidak mengalami perubahan bentuk, mengingat statusnya sebagai warisan budaya dunia.