Palapa Ring Ciptakan Peluang Bisnis Baru Sektor Pariwisata Lokal

oleh -
Presiden Jokowi beri sambutan dalam peresmian Palapa Ring. (Dok. Kominfo.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian proyek Palapa Ring yang menjadi tulang punggung bagi pemerataan akses telekomunikasi di seluruh penjuru Nusantara. Peresmian ini berlangsung di Istana Negara, pada Senin, (14/10/2019).

Proyek Palapa Ring tersebut berupa pembangunan jaringan kabel optik yang menghubungkan seluruh wilayah Indonesia, dimulai sejak tahun 2016 lalu oleh pemerintah. Hal ini berangkat dari pemikiran bahwa potensi ekonomi digital Indonesia yang sangat besar, namun masih terkendala keterbatasan akses masyarakat ke sektor digital melalui penetrasi internet.

“Beberapa tahun yang lalu pemerintah menyadari adanya ketimpangan yang tajam antardaerah dalam hal konektivitas digital. Saya sudah datang ke hampir semua daerah. Oleh karenanya, pemerintah berkomitmen menuntaskan infrastruktur ‘Tol Langit’. Tidak hanya memajukan sektor ekonomi, tapi juga budaya sosial politik kita,” papar Presiden Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari laman setneg.go.id.