Tambahan Anggaran Rp 6,35 Triliun Untuk Pengembangan Wisata Super Prioritas

oleh -
Candi Borobudur di Jawa Tengah ini masuk dalam lima destinasi wisata super prioritas yang mendapatkan tambahan anggaran. Foto: dok kemenpar

JALAJAHNUSAE.com – Anggaran tambahan sebesar Rp6,35 triliun pada APBN 2020 diharapkan mampu mempercepat pengerjaan proyek utilitas dasar dan infrastruktur di lima destinasi super prioritas.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan pembangunan seluruh utilitas dasar dan infrastruktur pendukung di lima destinasi wisata super prioritas bisa tuntas sepenuhnya sesegera mungkin lantaran pemerintah telah mengucurkan anggaran tambahan tersebut.

Lima destinasi wisata yang dimaksud yakni Danau Toba di Sumatra Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Likupang di Sulawesi Utara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat rapat koordinasi nasional (Rakornas) III di Swissotel Jakarta PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (11/9/2019) menjelaskan, pemerintah memberikan tambahan anggaran untuk pengembangan lima destinasi wisata super prioritas sebesar Rp6,35 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

“Untuk mencapai target ini, pemerintah menganggarkan Rp6,35 triliun kepada 4 destinasi super prioritas dengan rincian Danau Toba (Rp2,2 triliun). Kemudian Borobudur (Rp2,1 triliun), Labuan Bajo (Rp300 miliar), dan Mandalika (Rp1,9 triliun),” kata Menpar.