Mengunjungi Rumah “Tawanan” Bung Karno Di Rengasdengklok

oleh -
Tempat tinggal Proklamator RI Soekarno (Bung Karno) dan Bung Hatta saat mempersiapkan kememerdekaan RI pada tanggal 16 Agustus 1945 di Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. (Foto: Jalajah Nusae/adhi)

JALAJAHNUSAE.com – Bertepatan dengan perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia yang jatuh pada hari Senin (17/8/2020), rasanya tak salah mengambil pilihan liburan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Daerah ini selain menyimpan destinasi alam yang indah, juga terselip cerita sejarah yang masih bisa disaksikan jejaknya.

Salah satunya yang paling monumental adalah rumah yang dulu ditempati Proklamator Kemerdekaan Soekarno di Rengasdengklok.

Belum lama ini Jalajahnusae.com berkesempatan singgah di rumah milik keluarga Djiaw Kie Siong, dimana ketika itu Bung Karno tinggal, sebelum memutuskan untuk mengumumkan kemerdekaan RI.

Rumah terpencil yang masuk di pedalaman rumah penduduk itu, adalah pindahan dari rumah tinggal yang asli di pinggir sungai Citarum.  Karena khawatir terjadi abrasi dan bisa merusak bangunan rumah, maka kemudian dipindah tak jauh dari kawasan tersebut.

Tempat tidur Bung Karno yang masih terawat rapih sampai sekarang. (Foto: Adhi)

Rumah setengah bilik ini, sampai saat ini masih terawat dengan baik. Arsitektur sederhana masih mencirikan rumah seorang petani yang lahir sekitar tahun 1880 di Desa Pacing, Sambo, Karawang bernama Djiauw Kie Siong.

Bahkan, kamar tempat Bung Karno dan Moh. Hatta menginap pun masih terjaga baik. Pengunjung bisa langsung masuk ke dalam kamar tersebut. Hanya pemilik memberikan label di kasur, agar tidak diduduki.