Berikut 15 Lokasi Wisata Paling Aman Dari Covid-19

oleh -
Sepasang wisatawan ini sedang menikmati keindahan alam dan hamparan bukit di Madeira Island, Portugal. foto:IG-@_madeira_island

JALAJAHNUSAE.com – Beberapa negara di belahan dunia secara perlahan mulai melakukan pelonggaran lockdown akibat pandemi corona (Covid-19). Termasuk di Eropa sebagian besar lokasi wisata  sudah dibuka dan siap dikunjungi wisatawan.

Insider.com—portal perjalanan dunia, Jumat (12/6/2020) melaporkan bahwa pembukaan secara serentak semua tempat wisata membuat terjadinya bubble pada industri travel.

Salah satunya dengan pemberian insentif dari berbagai negara dari mulai insentif penerbangan sampai insentif hotel.

Insentif ini diobral bahkan oleh negara yang sempat mencatatkan angka kasus tertinggi di dunia seperti Italia hanya untuk menarik pengunjung.

European Best Destinations (EBD) bekerjasama dengan wisata lokal berbagai negara di Eropa mencoba meluncurkan data destinasi yang paling aman didatangi setelah masa pandemi.

EBD mengatakan beberapa daerah ini mencatatkan angka infeksi yang paling rendah jika dibandingkan rata-rata kasus di Eropa.

Di sisi lain saat pelonggaran kebijakan travel dilakukan, sejumlah aktivitas dan destinasi wisata masih belum disarankan di beberapa negara misalnya di Amerika Serikat.

Menurut Centers for Disease Control (CDC) Anda perlu mengecek data mereka terkait apa saja negara yang sudah direkomendasikan bersih dan aman untuk bepergian.

Berikut 15 negara yang aman menurut EBD:

1.Corfu, Yunani

Negara Yunani sudah mengumumkan akan melonggarkan lockdown. Yunani mencatatkan hanya 2.997 kasus terkonfirmasi menurut John Hopkins. Yunani akan membuka jalur wisata dan mendatangkan turis mulai 15 Juni 2020 saat penerbangan ke Athena dan Thessaloniki sudah dibuka kembali. Meski begitu negara berisiko tinggi yang masuk dalam data European Union Aviation Safety Agency (EASA) masih harus menghadapi tes Covid-19 dan karantina paling lambat 1 Juli, termasuk untuk Amerika Serikat.

2.Preveza, Yunani

EBD menyebut Yunani sebagai negara paling berisiko rendah dan aman untuk didatangi karena negara ini punya lebih banyak kapasitas rumah sakit dibandingkan Inggris dan Kanada. Yunani juga memangkas pajak pertambahan nilai untuk semua moda transportasi dari 24% menjadi 13%.

3.Vienna, Austria

EBD menyatakan Austria punya 16.968 kasus terkonfirmasi Covid-19 dengan 672 angka kematian menurut data John Hopkins. Austria sudah membuka perbatasan negara dan jalur keluar masuk bagi semua negara di Eropa kecuali Yunani per 4 Juni 2020. Untuk pendatang asal Italia baruu bisa masuk ke Austria per 16 Juni 2020. Perdana Menteri Austria mengatakan dalam sebuah konferensi, Austria membuka kedatangan dari negara European Free Trade Association (EFTA) dan European Economic Area (EEA) terkecuali Swedia, Inggris, Spanyol, dan Portugal. Negara Albania, Bosnia Herzegovina, Kosovo, Montenegro, Macedonia Utara, dan Serbia juga diizinkan untuk masuk ke negara ini.

4.Tbilisi, Georgia

John Hopkins Coronavirus Research Center mencatat Georgia mencatatkan 810 kasus Covid-19 dengan 13 angka kematian. EBD mencatat negara ini adalah negara yang paling sedikiti terinfeksi. Georgia berencana membuka penerbangan internasional per 1 Juli 2020.

5.Black sea, Georgia

EBD menyatakan Georgia juga memiliki kapasitas kasur rumah sakit yang jauh lebih banyak ketimbang banyak negara di Eropa.