Begini Gambaran ‘New Normal’ di Industri Pariwisata Tanah Air Pascapandemi Corona

oleh -
Travel Influencer Gemala Hanafiah. Pascapandemi corona cara orang berwisata akan berubah (new normal). Foto:IG-@g_hanafiah

JALAJAHNUSAE.com – Banyak orang mengira-ngira, seperti apa kondisi pariwisata pascapendemi corona (Covid-19) mendatang. Saat masyarakat tak bisa keluar rumah, tentu sangat berdampak pada industri pariwisata.

Travel Influencer, Gemala Hanafiah memiliki pandangan tersendiri soal ini. Ia memprediksi wisata minat khusus akan digemari oleh masyarakat. Dibandingkan dengan keluar negeri, wisatawan akan cenderung memilih wisata domestik.

“Orang bakal punya new normal ya ke depannya, jadi mungkin yang akan naik duluan wisata minat khusus, misal kayak orang kemping yang bisa tenda jauh-jauhan, resort yang bukan hotel yang punya kamar banyak misalnya seperti itu, cuma ini perkiraan aja,” ujar Gemala sebagaimana dilansir detikcom,kemarin.

Menurut Gemala, saat ini pandemi corona memang sangat berdampak pada industri pariwisata, akan tetapi setelah pandemi berakhir, new normal akan membawa perubahan yang baik pada industri pariwisata.

foto:IG-@g_hanafiah

Wisatawan akan mencari daerah-daerah untuk berwisata yang mungkin belum terjamah sebelumnya.

“New normal tepat banget sih, akan ada positifnya juga the new normal ini, tourism akan ada muncul dari daerah baru yang tadinya tidak dilirik atau terbenam oleh tourism besar yang sudah dikenal orang, akan bermunculan di sudut-sudut Indonesia,” kata Gemala.

Selain itu, nantinya kebijakan-kebijakan wisata akan berubah ke arah yang lebih positif. Dengan adanya virus Corona ini masyarakat akan lebih selektif dalam memilih tujuan wisata yang menjaga keamanan.

“Kalau di pariwisata ada yang namanya carrying capacity, itu di beberapa negara lain kaya naik gunung aja udah dibatasi per hari cuma 190 orang. Tujuannya, untuk menjaga alamnya. Supaya dapat dikontrol dan sampahnya juga ngga terlalu banyak. Nah itu kayanya bakal diterapkan kita juga untuk menjaga itu semua. Ada positifnya sih semua hal sih,” tutup Gemala yang juga peselancar handal ini.

(adh)