Sabuga Lockdown,Ridwan Kamil Test Covid-19

oleh -
Stadion Sasana Budaya Ganesa Institut Teknologi Bandung (Sabuga ITB) ditutup pada Minggu (15/3/2020). Penutupan ini terkait dengan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Pusat kebugaran di Sasana Budaya Ganesa Institut Teknologi Bandung (Sabuga ITB) ditutup (lockdown) pada Minggu (15/3/2020). Penghentian aktivitas di arena olahraga teramai di Kota Bandung ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Pemantauan Jalajahnusae.com, sejak pukul 06.30 WIB masyarakat sudah berdatangan ke arena yang berada di Jalan Tamansari No. 73 Lebak, Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Sebagian besar belum tau jika ada penutupan tempat olahraga sehingga akhirnya memilih kembali.

Hanya saja, sebagian tetap melakukan aktivitas olahraga di luar stadion. Pengunjung memilih melakukan jalan santai dan lari di kawasan Forest Walk yang dibangun pertengahan Januari 2018 itu.

Kawasan ini memiliki luas 3.8 hektar dengan forest walk kurang lebih 2 km-an dan lebar 2,6 meter. Forest walk ini salah satu yang terpanjang di Asia Tenggara.

Pintu gerbang menuju pusat kebugaran Sabuga ITB ditutup untuk sementara waktu, mulai Minggu (15/3/2020) hingga 14 hari kedepan. Foto: adhi

Masih di area yang sama kolam renang Sabuga atau yang dikenal juga dengan nama Saraga juga ikut ditutup.

Ada tiga kolam yang setiap harinya ramai ini, pertama kolam renang pemula dengan kedalaman 80 cm dan luasnya 15 meter x 15 meter. Kedua, kolam renang Olympic dengan kedalaman mencapai 2 meter, dan luasnya 50 meter x 25 meter.

Dan terakhir kolam renang untuk diving atau khusus menyelam dengan kedalaman mencapai 5 meter, dan luasnya sekitar 15 meter x 15 meter.

“Saya tidak tau kalau ditutup. Sudah terlanjur kesini, kita lanjutkan saja jogging-nya di forest walk,” kata Heri, pengunjung Sabuga yang rutin setiap hari melakukan olahraga lari.

Ridwan Kamil Test Covid-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melambaikan tangan disela-sela prosesi transit 69 WNI anak buah kapal Diamond Princess di Bandara Internasional Jawa Barat, Minggu (1/3/20) malam lalu. Foto:IG-@ridwan kamil

Di hari yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  dalam acara jumpas pers yang berlangsung di Gedung Pakuan, Kota Bandung Minggu 15 Maret 2020 mengatakan bahwa dirinya siap melakukan test Covid-19.

Sebelumnya Ridwan Kamil sempat bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang positif corona, ketika menjemput anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Senin, 2 Maret 2020.

“Atas nama kebaikan saya akan lakukan (tes). Waktu dan teknisnya saya sampaikan,” kata Emil.