“Smiling West Java Great Sale”, Upaya Membangkitkan Kembali Pariwisata Jabar

oleh -
Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Iman Nurhaeman. foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Setelah menyiapkan Bandung Great Sale 2020, bulan diskon menyambut tatanan kehidupan baru (new normal) juga segera digelar secara menyeluruh di Provinsi Jawa Barat. Tahun ini taglne yang di usung adalah “Smiling West Java Great Sale”.

Event yang menawarkan diskon-diskon menarik bagi wisatawan tersebut dilaksanakan atas kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat bersama Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat.

Ketua GIPI Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan event ini diharapkan bisa mendorong tumbuhnya kembali sektor pariwisata, khususnya di bidang perhotelan,restoran dan taman rekreasi.

Terlebih, sejak munculnya pandemi corona kondisi bisnis perhotelan,restoran dan taman rekreasi anjlok hingga ke titik nadir.

Tercatat ada sebanyak 556 hotel dan 240 restoran yang tergabung Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) berhenti beroperasi dan terpaksa merumahkan sebanyak 15.025 orang.

“Kalau pun ada hotel yang tetap buka, tingkat okupansinya juga tidak membaik bahkan terus menurun hingga maksimal 5 persen,” kata Herman kepada Jalajahnusae.com, Minggu (14/6/2020).