Ribuan Pesepeda Padati Jalanan Kota Bandung Di Tengah Pandemi Corona

oleh -
Ribuan pesepeda memadati jalanan di Kota Bandung,Jawa Barat,Minggu (14/6/2020). Seperti yang terlihat di Jalan Ir Djuanda (Dago) ini. foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Meski Car Free Day (CFD) belum diberlakukan kembali, namun ribuan pesepeda memadati Jalan Ir Djuanda (Dago),Kota Bandung,Jawa Barat pada Minggu pagi (14/6/2020). Praktis, satu lajur dari arah lampu merah Cikapayang menuju ke dago atas hanya digunakan para sepeda.

Begitu pun beberapa ruas jalan di Kota Bandung lainnya tak luput dari aktivitas para goweser. Mulai di Jalan Cicangkuy-Jalan Diponegoro (Gedung Sate)-Jalan Cimandiri-Jalan Cimanuk hingga Jalan Supratman dipenuhi mereka yang memanfaatkan libur hari minggu untuk berolahraga dengan sepeda.

Pemandangan yang sama juga terlihat di Jalan Tamansari,Jalan Ganesa hingga Jalan Cihampelas dimana iring-iringan sepeda mengular.

Tidak ada lagi jarak (social distancing), para goweser ini melaju pelan saling berdekatan. Beberapa orang terlihat pula tak menggunakan masker.

“Kalau pakai masker, susah napas, jadi dilepas aja dulu. Nanti kalau pas berhenti, kita pakai lagi,” kata salah seorang remaja putri yang ikut dalam rombongan bersepeda saat ditemui Jalajahnusae  di dekat Jakayakarta Hotel, Dago.

Menurut remaja usia 19 tahun ini, keinginan kembali gowes sudah dipendam hampir tiga bulan lalu. Selama ini kalau pun bersepeda hanya terbatas di lingkungan perumahan.

“Sekarang sudah bisa disini, resep wee (senang aja), jadi bisa rame-rame. Mungkin kalau banyakan begini kan virusnya juga takut kali,” ujarnya berseloroh disambut tertawa teman sebayanya, ketika ditanya apa tidak takut tertular Covid-19.

(adh)