Sejumlah Maskapai “Ogah” Terbang Ke Israel, Takut Kena Roket Nyasar

by -

JALAJAHNUSAE.com – Sejak Israel menyerang warga sipil Palestina, sejumlah maskapai internasional menghentikan seluruh penerbangan menuju negara zionis tersebut.

Beberapa maskapai itu diantaranya, British Airways, Virgin Atlantic, Lufthansa, dan Iberia. Mereka membatalkan penerbangan ke Tel Aviv, Israel, yang telah mengaktifkan bandara cadangan di ujung selatan negara itu untuk mencegah serangan roket dari Gaza.

Militan Palestina telah berulang kali menembaki daerah Tel Aviv selama serangan yang meletus pada Senin, 10 Mei 2021 lalu, meningkatkan kekhawatiran keamanan atas Bandara Ben Gurion, bandara utama Israel, dan mendorong otoritas setempat untuk mengubah rute beberapa penerbangan ke Bandara Ramon, sekitar 200 kilometer ke selatan.

“Keselamatan dan keamanan kolega dan pelanggan kami selalu menjadi prioritas utama kami, dan kami terus memantau situasi dengan cermat,” kata pihak British Airways setelah membatalkan penerbangannya dari dan ke Ben Gurion pada Kamis, 13 mei 2021.

Militan Hamas di Gaza mengatakan mereka telah meluncurkan roket di Bandara Ramon pada Kamis, tetapi Otoritas Bandara Israel mengatakan bahwa tidak ada roket yang mengenai Ramon dan bandara itu beroperasi seperti biasa.

Bandara yang dibuka pada 2019 itu mampu menampung sekitar 2 juta penumpang dalam setahun. Bandara tersebut terhubung dengan rute bus ke utara, meskipun tidak ada layanan kereta api.