Indonesia Sharia Economic Festival Fokus Pada Standar Halal Internasional

oleh -
Ketua Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia Riyanto Sofyan (keempat dari kanan) hadir dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019. Riyanto juga Owner Chinamon Hotel. Foto: Jalajah Nusae/rizwan

JALAJAHNUSAE.com –  Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 tengah berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta. Salah satu isu penting yang akan dibahas di event yang pertama kali digelar di ibukota ini adalah sertifikasi halal yang akan berlaku secara internasional.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Halal (BPJH), Matsuki, mengatakan standar kehalalan di setiap negara tidaklah sama.

Untuk itulah, negara-negara di dunia berkumpul di acara ini untuk menyamakan standar kehalalan.

” Kolaborasi halal yang secara internasional sudah menjadi kesadaran bersama karena itu kebutuhan-kebutuhan dari berbagai negara untuk menyatukan standar kehalalan,” ujar Matsuki di Jakarta, Selasa (12/11/2019) usai dalam pembukaan forum 5th International Islamic Monetary Economics and Finance Conference (IIMEFC) 2019, sebagai rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

Foto:@ceodua

Acara “ 1st International Halal Dialogue 2019” dihadiri oleh 109 negara. Para pesertanya berasal dari lembaga-lembaga sertifikasi halal, baik berstatus lembaga swadaya masyarakat maupun lembaga di bawah pemerintah.

Kemudian, kata Matsuki, Indonesia mendapatkan banyak pertanyaan dari negara-negara lain tentang pemberlakuan wajib sertifikasi halal.