Akses Wisata Ke Hong Kong Lumpuh

oleh -
Pengunjuk rasa merengsek ke Bandara Internasional Hong Kong,Selasa (13/8/2019). Akibaatnya otoritas bandara menutup seluruh rute penerbangan dari dan ke Hong Kong. Foto:IG-@albertozi

JALAJAHNUSAE.com – Otoritas Bandara Internasional Hong Kong menutup seluruh penerbangan dari dank e Hongkong,Senin (12/8/2019). Penutupan ini dilakukan  menyusul aksi demonstrasi gerakan protes anti pemerintah yang digelar di bandara.

Akibatnya semua jadwal keberangkatan maskapai dibatalkan. Termasuk aksesibilitas menuju kawasan wisatawan lumpuh.

Sampai Sampai Selasa (13/8/2019) pagi ratusan jadwal penerbangan dibatalkan.  Hingga malam ini, waktu Indonesia belum ada kepastian,kapan akses ke bandara kembali dibuka.

Maskapai basis Hong Kong, Cathay Pacific membatalkan lebih dari 200 penerbangan dan meminta wisatawan untuk menunda kepergian dari dan ke Hong Kong.

“Demi keselamatan maskapai, wisatawan, dan staf, kami menghimbau kepada orang-orang yang masih di bandara untuk segera meninggalkan bandara agar staf kami melanjutkan operasi,” ujar Kepala Transportasi Hong Kong Frank Chan dilansir dari CNN Internasional.

Bandara Internasional Hongkong merupakan gerbang transportasi internasional utama di Hongkong. Penutupannya akan berdampak serius terhadap aksesibilitas ke pariwisata.

Pengunjuk rasa di Hong Kong terus berlanjut. Hari ini,Selasa (13/8/2019) mereka memblokir bandara udara. Foto:IG-@roycmk.photography

Perjalanan menggunakan Feri ke Makau terdekat dan kereta api ke Cina masih terus beroperasional, tetapi tetap tidak memiliki kapasitas yang memadai.

Transportasi dari dan menuju bandara juga ikut terhambat karena peristiwa ini. Kereta ekspress bandara biasanya menjadi pilihan tercepat, berangkat setiap 10 menit kini butuh 32 menit.

Taksi dan bus antar-jemput yang menempuh waktu perjalanan sekitar 40 menit kini mengalami keterlambatan dan kemacetan sehingga ongkos perjalanan menjadi lebih mahal.

Imbas dari demonstrasi massa Hongkong membuat perjalanan dalam kota terhambat. Beberapa jalan, jalur trem, dan stasiun kereta bawah tanah ditutup khususnya yang berada di pusat demonstrasi.

(adh/kom)