Kemenparekraf Berencana Buka Koridor Pariwisata Untuk 4 Negara

oleh -
Dua turis mancanegara melintas di depan panggung hiburan di Taman Rekreasi Sari Ater,Kabupaten Subang,Jawa Barat beberapa waktu lalu. pemerintah kini telah membuka koridor pariwisata untuk empat negara. foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Ditengah pandemi corona (Covid-19) pemerintah Indonesia terus berupaya untuk membangkitkan kembali dunia pariwisata.

Salah satu yang digagas adalah pembukaan koridor pariwisata (travel corridor/travel bubble) ke empat negara, yakni China, Jepang, Korea Selatan dan Australia.

Rencana tersebut disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Jumat (12/6/2020)

Ia mengatakan pihaknya tengah membahas hal tersebut dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kita sedang merancang travel bubble untuk empat negara, yaitu RRT (China), Korea Selatan, Jepang, dan Australia. Ini sudah dibahas dalam ratas 28 Mei lalu. Kita buka empat negara dulu, baru ke negara lain tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Menurut Odo, keempat negara dipilih karena pertimbangan banyaknya wisatawan dari negara tersebut yang berkunjung ke Tanah Air.