Produsen Minyak Dunia Pangkas Produksi Hingga 9,7 Juta Barel per Hari

oleh -
Anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia dan Arab Saudi sepakat memangkas produksi minyak mereka hingga 9,7 barel per hari. Foto: Ilustrasi.IG-@thirddegree.in

JALAJAHNUSAE.com – Produsen minyak dunia yakni Arab Saudi dan Rusia mencapai kesepakatan untuk memangkas produksi minyak 9,7 juta barel per hari (bph) selama dua bulan ke depan.

Laporan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada Minggu(12/4/2020) itu menyebutkan pemangkasan produksi minyak tersebut merupakan rekor terbaru sepanjang sejarah.

Sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, bertemu untuk menyelesaikan kesepakatan pengurangan produksi sebesar 9,7 juta barel per hari untuk Mei dan Juni, sekitar 10 persen dari pasokan global, untuk mendukung harga minyak di tengah pandemi virus corona, kata pernyataan itu.

Dari Juli hingga akhir 2020, pemangkasan akan dikurangi secara bertahap menjadi 7,7 juta barel per hari, dan kemudian akan diikuti oleh penyesuaian menjadi 5,8 juta barel per hari selama 16 bulan hingga akhir April 2022, sebut pernyataan itu.

Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo mengatakan bahwa penyesuaian produksi, volume terbesar dan durasi terpanjang, adalah bersejarah.

“Kami menyaksikan hari ini kemenangan kerja sama internasional dan multilateralisme yang merupakan inti dari nilai-nilai OPEC,” katanya.