3.123 Prajurit Brigif R-9/2 Kostrad Gelar Latihan dengan Alutsista Modern

oleh -
Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen AM Putranto saat memberikan arahan dalam acara Latihan Ancab Kartika Yudha 2020 di Pelabuhan Panjang, Lampung, Selasa (10/11/2020). (Foto: Penerangan Kodiklatad)

LAMPUNG, Jalajahnusae.com – Derap langkah 3.123 prajurit Brigif R-19/2 Kostrad mengawali latihan puncak TNI AD atau disebut dengan Latihan Ancab Kartika Yudha 2020 di Pelabuhan Panjang, Lampung, Selasa (10/11/2020).

Didampingi 1.872 orang pelatih dan pendukungnya, para pasukan Kostrad ini telah melaksanakan lintas laut dengan dukungan 8 KRI milik TNI AL.

Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, langsung memimpin apel pemeriksaan pasukan debarkasi di Pelabuhan Panjang.

Seperti keterangan resmi yang diterima Jalajahnusae.com, Putranto menerangkan bahwa Latihan Ancab Kartika Yudha ini  adalah sebagai bentuk sinergitas dan kerjasama antar kecabangan.

“Kita diberi kesempatan untuk berlatih dengan menggunakan alutsista modern yang dihadapkan dengan doktrin TNI AD khususnya dalam pertempuran,” jelasnya.

Letjen TNI AM. Putranto ketika memimpin apel pemeriksaan pasukan. (Foto:Penerangan Kodiklatad)

Putranto menambahkan sesuai petunjuk Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa latihan ini ditujukan untuk memelihara kesiapan tempur dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“Utamakan faktor keamanan dalam latihan ini, selalu bekerja dengan hati, berlatih secara profesional dan jangan lupa bersyukur kepada Tuhan YME”, tambahnya.

Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha TA 2020 ini dilaksanakan di Puslatpur Kodiklatad, Baturaja, dengan mengerahkan personel sebanyak 3.123 orang Prajurit dari Brigif R-9/2 Kostrad dan perkuatannya selanjutnya disebut sebagai Satgasrat R-9/2 Kostrad serta 1.872 orang pelatih dan pendukung.

Pemberikan secara simbolis paket 1000 sembako yang langsung diberokan oleh Jenderal Putranto. (Foto:Penerangan Kodiklatad)

Dijadwalkan latihan dimulai tanggal 11 November 2020 sampai puncaknya pada 26 November 2020 yang rencananya akan dihadiri oleh Kasad.

Setelah pemeriksaan pasukan, sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian kepada sesama yang membutuhkan, maka diadakan bhakti sosial oleh Dankodiklatad sebagai Komandan Latihan Ancab Kartika Yudha.

Bertempat di Lapangan CFS Pelabuhan Panjang dan Kantor ASDP Pelabuhan Bakaheuni dibagikan total 1.000 paket sembako.

Direncanakan 1.000 paket lainnya akan diberikan kepada masyarakat di sekitar daerah Pusat Latihan Tempur Baturaja.

Sebagai ucapan terimakasih, diberikan pula plakat penghargaan kepada Pangkogasgabratmin, Danlanal Lampung, para Komandan KRI, General Manager PT Pelindo II, Kepala KSO Pelabuhan Panjang, dan General Manager ASDP Cabang Bakaheuni. (*/adh)