Dalam Kolaborasi, Asia Menatap Masa Depan Lebih Baik

oleh -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan sambutan dalam opening ceremony 12th China-ASEAN Conference on People to People Friendship Organizations (CACPPFO) di Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Senin (11/11/19). Foto: humas jabar

JALAJAHNUSAE.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, kolaborasi negara-negara di kawasan Asia harus terus diperkuat. Kerja sama yang konkret itu diperlukan agar bangsa Asia siap menyambut masa depan emas.

“Semua optimistis, masa lalu adalah abadnya Eropa, sekarang abadnya Amerika, tapi masa depan adalah abadnya bangsa Asia,” ucap Ridwan Kamil saat menghadiri opening ceremony 12th China-ASEAN Conference on People to People Friendship Organizations (CACPPFO) di Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan, Kab. Bandung Barat, Senin (11/11/19).

Gubernur yang kerap disapa Emil ini menambahkan bahwa kolaborasi negara ASEAN dan China juga sangat relevan dengan Dasasila Bandung, yakni 10 poin hasil pertemuan Konferensi Asia-Afrika yang dilaksanakan pada 18-25 April 1955 di Bandung.

Emil pun mengapresiasi 12th CACPPFO sekaligus bangga karena konferensi ini menunjuk Provinsi Jawa Barat sebagai tuan rumah.

Foto: dok humas jabar

“Saya sangat berbahagia, karena forum ASEAN- China dilaksanakan di Jawa Barat. Mereka sangat senang, karena Jawa Barat punya history dimana orang-orang Asia-Afrika juga merumuskan kolaborasi di Bandung,” ujarnya.

Mengutip Dasasila Bandung, kata Emil, salah satunya perlunya bangsa-bangsa Asia selalu mengedepankan kolaborasi.