TMII dan Kebun Binatang Ragunan Bakal Ikut Tutup Sementara

oleh -
Suasana liburan di pantai Ancol Taman Impian sebelum pandemi corona muncul. (Foto:IG)

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Taman Mini Indonesia Indah atau TMII dan Kebun Binatang Ragunan belum secara tegas menyatakan akan tutup sementara menyusul rencana pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total DKI Jakarta.

Namun demikian, kemungkinan besar dua tempat rekreasi ini akan mengikuti jejak Taman Impian Jaya Ancol yang sudah lebih dulu mengumumkan penutupan sementara mulai 14 September 2020 mendatang.

Kepala Bagian Humas TMII, Sahda Silalahi mengatakan masih membahas kemungkinan penutupan operasional sementara bagi wisatawan sebagai tindak lanjut dari kebijakan PSBB Jakarta.

“Sedang kami bahas di tingkat direksi,” katanya sebagaimana dilansir Tempo, Jumat (11/09/2020).

Sahda menjelaskan sejak pemerintah menerapkan PSBB transisi, jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Jakarta Timur itu rata-rata 14.900 orang pada akhir pekan.

Angka tersebut kurang dari separuh jumlah pengunjung sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Hal senada juga disampaikan pengelola Taman Margasatwa Ragunan juga menunggu instruksi pemerintah apakah harus menutup layanan saat PSBB  atau tetap berjalan dengan berbagai ketentuan.

“Kami menunggu arahan dari pimpinan,” kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana.

Hingga kini Kebun Binatang Ragunan masih beroperasi dengan pembatasan jumlah pengunjung dan jam buka, serta protokol kesehatan.

Kebun Binatang Ragunan buka mulai pukul 08.00 sampai 13.00 dengan jumlah pengunjung paling banyak 2.000 orang. Calon wisatawan juga wajib memesan tiket lewat daring, memakai masker, dan menjaga jarak.