Cocok Buat Perusahaan, Ini Test Covid-19 yang Diklaim Murah dan Akurat

oleh -
Ilustrasi.Tenaga medis Siloam Hospitals. Rumah sakit swasta ini mengklaim memiliki alat test covid-19 yang lebih murah dan akurat. foto:IG-@siloamhospitals

JALAJAHNUSAE.com – Ditengah pandemi corona yang masih mengancam, pembukaan ekonomi dan aktivitas masyarakat tetap berisiko terjadi penularan Covid-19.

Oleh sebab itu, tak sedikit perusahaan yang mencoba mencari formula paling tepat agar dilingkungan perusahaan tidak terjadi penyebaran Covid-19.

Salah satunya, menyediakan tes penyaringan atau screening dengan menyediakan alat tes untuk mendeteksi orang terjangkit atau tidak dengan virus corona atau Covid-19.

Persoalannya alat test ini masih dianggap mahal dan memberatkan manajemen yang sedang terbelit cash flow.

Namun kekhawatiran tersebut tampaknya akan sirna karena mulai bermunculan metode tes Covid-19 yang lebih murah.

Siloam Hospitals Group,misalnya berhasil  meluncurkan cara  tes Covid-19 bagi masyarakat dan perusahaan yang ingin melakukan penyaringan (screening) Covid-19, yakni melalui tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab.

Tes serologi antibodi ini bisa dilakukan di seluruh jaringan rumah sakit Siloam di Indonesia dan diklaim memiliki akurasi yang baik dan berbiaya murah.

“Dalam pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), setiap individu dan perusahaan dalam berkegaiatan bisnis harus memperhatikan prinsip-prinsip hidup bersih dan sehat. Salah satu langkah preventif yang penting adalah pelaksanaan screening,” ujar  Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals Group, Caroline Riady dalam media briefing virtual, Rabu lalu.

Tapi ini tak mudah, lantaran tes preventif seperti screening seperti polymerase chain reaction (PCR) dan uji cepat (rapid test) membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ini akan mempengaruhi operational cost perusahaan.