Batam jadi Pilihan Kedua Kunjungan Wisman Setelah Bali

oleh -
Jembatan Balerang ikon Kota Batam. (Foto Pesona Indonesia)

JALAJAHNUSAE.com – Masyarakat Kota Batam boleh berbangga diri, pasalnya kota yang dikelola Badan Otoritas Batam yang didesain sebagai kota industri ini, kini justru menjelma sebagai salah satu kota tujuan penting kehadiran wisatawan mancanegara (wisman). Hal tersebut terbukti dari data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menempatkan Batam ada di peringkat kedua kunjungan wisman setelah Bali.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Batam Ardiwinata, jumlah kunjungan wisman Kota Batam-Kepri untuk periode Januari hingga Oktober 2019 mencapai angka 1.590.458 orang.

“Kita saat ini sudah mengungguli Jakarta, hanya kalah dari Bali untuk kunjungan wisman,” ungkap Ardiwinata di Batam, Senin (03/12/2019), dikutip dari laman jpp.go.id.

Ardiwinata juga menerangkan, pariwisata Batam kini dikelola secara bersama stakeholder. “Jadi, yang kita lakukan tidak bersendiri, tapi pariwisata dikelola secara pentahelix. Pentahelix ini mencakup akademisi, komunitas, bisnis, pemerintah dan juga media,” terangnya.

Masih menurut Ardiwinata, guna menunjang kenyamanan wisman yang berkunjung Wali Kota Batam Muhammad Rudy telah mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, khususnya untuk menunjang wisatawan dan keindahan Kota Batam.