Didampingi Wali Kota Bima Arya, Presiden Jokowi Sholat Idul Adha Di KRB

oleh -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sholat Idul Adha,Minggu (11/8/2019) di Lapangan Kebun Raya Bogor. Presiden didampingi Wali Kota Bima Arya. Foto: cnn

JALAJAHNUSAE.com – Didampingi Wali Kota Bogor,Bima Arya,Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan Salat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor, Minggu (11/8/2019).

Jokowi yang mengenakan baju koko putih,peci hitam dan sarung warna gelap menuju lokasi sholat bersama  Ibu Negara Iriana Joko Widodo sekitar pukul 06.33 WIB.

Tiba di lokasi pelaksanaan Sholat Ied Jokowi disambut Wali Kota Bogor Bima Arya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Presiden kemudian duduk di shaf paling depan diapit Bima Arya dan Pratikno.

Imam dan Khatib Salat Idul Adha di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor adalah Dosen Sekolah Tinggi An-Nuaimy, Iqbal Subhan Nugraha.

Jokowi berkurban pada tahun ini. Ia menyerahkan seekor sapi peranakan ngole, seberat 1.080 kilogram atau 1,08 ton di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Hewan kurban itu rencananya disembelih sehari setelah Idul Adha.

Selain di Surabaya, Jokowi juga menyerahkan sapi seberat 1 ton di Masjid Istiqlal Jakarta. Jokowi memiliki kebiasaan melaksanakan Salat Id di lokasi berbeda setiap tahunnya.

Selama tiga tahun terakhir, Jokowi melaksanakan salat Idul Adha di Jawa Barat. Tahun lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu melaksanakan salat di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor.

Tahun 2017, Jokowi juga melaksanakan Salat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jawa Barat.

Tentang jadwal Idul Adha maupun Idul Fitri yang dalam kurun waktu tiga tahun ini selalu di Jawa Barat,Jokowi beralasan karena memang lokasinya dekat dengan tempat tinggal.

“Kita tinggalnya memang di Jawa Barat. Cari yang deket,yang gak jauh,” kata Jokowi kepada wartawan usai sholat Ied.

Mengutip khotbah Khatib, Jokowi berpesan agar masyarakat terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT sekaligus menumbuhkan hubungan silahturahmi yang lebih erat kepada sesama manusia.

“Dan yang paling penting di Hari Raya Idul Adha ini adalah dari sisi kurban,pengurbanan. Itu dorongan kita untuk melakukan kesalehan sosial, yang saya kira di negara kita terus harus kita dorong agar seluruh umat melakukan itu,” kata Jokowi.

(adh/tv)