Agar Daging Awet dan Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Ini

oleh -
Saat Idul Adha seperti sekarang tingkat konsumsi daging menjadi tinggi. Untuk menyimpan daging agar awet dan tahan lama, ada caranya. Foto: Jalajah Nusae/adhi.

JALAJAHNUSAE.com – Sudah menjadi lazim setiap Idul Adha olangan makanan dari daging sapi dan kambing naik. Hampir setiap rumah “eforia” sekedar nyate setelah menerima pembangian daging kurban.

Nah, saat daging kurban tidak habis atau dirasa terlalu banyak untuk diolah, dapat disimpan di lemari es.

Ada beberapa kiat untuk tetap menjaga kualitasnya. Seperti kiat menyimpan daging dari Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Tidak cuma daging merah, aneka jenis daging unggas juga dapat menggunakan cara penyimpanan berikut ini:

  1. Lihat warna daging

Daging merah segar, tidak berlendir, dan memiliki bau khas daging adalah tanda daging dalam kondisi segar dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Apabila daging mengalami perubahan warna, daging berarti tidak dapat disimpan lama di lemari es atau bahkan tak layak konsumsi. Perhatikan dengan seksama kualitas daging. Daging berwarna gelap bisa disebabkan ternak kurang istirahat sebelum dipotong, sehingga memengaruhi warna dan keempukan daging.

  1. Potong kecil kecil

Sebelum dimasukkan ke kulkas, disarankan daging dipotong-potong sesuai takaran konsumsi. Jangan menyimpan dalam ukuran besar-besar. Jadi ketika akan mengolah daging dalam porsi kecil, tidak perlu mengeluarkan semuanya.