Eks Pemred Metro TV Suryopratomo Kandidat Dubes Singapura,Ini Daftar 31 Calon Dubes

oleh -
Eks Pemimpin Redaksi Metro TV--yang juga mantan Ketua Forum Pemimpin Redaksi Suryopratomo (tengah) masuk dalam kandidat dubes yang diusulkan Presdien Jokowi. Foto: dok pribadi

JALAJAHNUSAE.com – Eks Pemimpin Redaksi (Pemred) Metro TV Ir.Suryopratomo masuk dalam daftar 31 kandidat duta besar yang dikirim Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Suryopratomo—yang juga mantan Ketua Forum Pemimpin Redaksi dan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini diusulkan menjadi dubes di Singapura.

Namun, kepastian mengenai siapa saja kandidat dubes yang disampaikan Presiden itu akan diketahui besok saat rapat paripurna DPR. Di rapat paripurna surat dari Presiden Jokowi mengenai kandidat dubes akan dibacakan.

“Besok kita lihat. Tadi disampaikan oleh Presiden melalui Menlu, dan besok baru masuk rapur,” kata  anggota Komisi I DPR RI Farhan, Senin (11/5/2020).

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi I lainnya,Charles Honoris bahwa setelah mengirimkan daftar nama calon dubes kepada DPR, pimpinan DPR langsung  menugaskan Komisi I DPR untuk mempersiapkan proses fit and proper test untuk calon-calon duta besar.

“Rencana pertengahan bulan Juni Komisi I akan jalankan fit and proper test terhadap para calon dubes untuk bisa memberikan pertimbangan kepada presiden,” kata dia.

Berdasarkan dokumen beredar termasuk sebagaimana dikutif  kompas.com, surat presiden berisi daftar nama calon duta besar itu bernomor R-15/Pres/03/2020 tertanggal 19 Maret 2020.