Main Gateball, Olahraga Rileks yang Bisa Meningkatkan Imunitas

by -
Olahraga Gatball
Gateball, olahraga rileks yang saat ini tumbuh cepat di Kota Bandung. Komunitas gateball saat bermain di lapangan Malabar Park Sari Ater Kamboti Hotel Jln lemah Neundet, Kota Bandung, Sabtu (10/04/2021). (Foto: Jalajah Nusae/Adhi)

BANDUNG, Jalajahnusae.com – Banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh atau kesehatan, bisa dengan jogging atau olahraga lainnya.

Ada satu hal menarik yang bisa dicoba, khususnya bagi kalangan orang tua agar tetap bugar tapi bisa rileks saat menjalani olahraga.

Bermain Gateball. Sebuah olahraga modifikasi dari permainan croquet menggunakan stik yang digunakan untuk memukul dan mengarahkan bola agar bisa masuk ke tiga gawang (gate) dan goal-pole sebagai titik akhir.

“Olahraga gateball ini biasa dimainkan oleh dua tim, merah dan putih. Jumlah tim terdiri dari lima orang. Tim merah memegang bola bernomor ganjil (1,3,5,7,9), sedangkan tim putih memainkan bola genap (2,4,6,8,10),” jelas Coach Gatball Deddy Suhendi (Kided) dari Alumni Sm4nop Komunitas (ASGS), Kota Bandung, Jawa Barat kepada Jalajahnusae.com, Sabtu (10/04/2021).

Direktur Utama PT Sari Ater Hj Metty Hendriatty memukul bola saat bermian gateball, Sabtu (10/4/2021). Foto: Adhi

Pagi itu, lapangan Malabar Park Sari Ater Kamboti Hotel Jl Lemah Neundet memang sedang menjadi tempat bermain gateball.

Matahari yang turun sempurna dan udara pagi yang segar membuat peserta terlihat cukup bersemangat memainkan bola-bola yang mirip biliar itu.

Tak terkecuali Direktur Utama PT Sari Ater Hj Metty Hendriatty ikut pula bermain gateball didampingi sang suami H. Suhendar.

“Dalam situasi masih pandemi seperti sekarang kita harus tetap menjaga kesehatan. Olahraga ini cocok.Ada sosial distancing-nya, sesudah mukul bola, kita juga akan berjauhan,” katanya.

Masih menurut Deddy, permainan gateball sendiri bersifat barrier-free sport atau olahraga tanpa batas. Cocok juga dimainkan oleh segala usia. Mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang tua.

“Gateball juga sudah masuk di Pekan Olahraga Nasional (PON), saat ini pertumbuhannya cukup pesat di Bandung. Banyak komunitas akademisi yang juga menggandrungi olahraga ini,” jelasnya.

Untuk kalangan orang tua, olahraga ini baik untuk melatih konsentrasi dan strategi. Agar bola bisa masuk ke gawang, pemain perlu memiliki keterampilan memukul yang tepat serta fokus.

“Karena gate-nya kecil, jadi kita harus focus. Tidak usa tergesa-gesa, ini kan olahraga santai,” tambahnya.

Pemain cukup mengatur strategi untuk bisa mengarahkan bola ke tiga gawang dan menyentuh goal-pole.

“Setiap pemain bisa mengadang lawan dengan memukulkan bola ke bola lawan. Hal ini tentu saja memerlukan akurasi dan fokus yang tinggi,” paparnya.

Pilihan bermian gateball di Malabar Park Sari Ater Kamboti Hotel, selain lokasinya yang mudah dijangkau juga memiliki ruang terbuka hijau yang luas.

Selesai main gateball, pengunjung bisa memilih untuk beristirahat sambil menikmati sarapan pagi.  (adh)