Manfaat Berendam di Kolam Air Panas Alami

oleh -
Kolam air panas alami Sari Ater
Kolam Air Panas Alami Sari Ater, Ciater, Subang. (dok. Sari Ater Hotel & Resort)

JALAJAHNUSAE.com – Berendam atau mandi air panas alami dengan kandungan sulfur yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, sembari ditemani pemandangan alam pegunungan yang menakjubkan, sungguh menggoda untuk dinikmati. Seperti yang bisa dirasakan di pemandian air panas alami Sari Ater di Ciater Subang, Cimanggu Ciwidey, Ciwalini, Banyuwedang Bali, pemandian air panas Galunggung Tasikmalaya, dan masih banyak lagi.

Di tempat-tempat itulah, kita bisa berwisata sambil merawat kesehatan tubuh lewat berendam di air panas alami. Berikut ini beberapa manfaat berendam atau mandi di air panas alami.

Relaksasi dan Menghilangkan Stres

Berendam atau mandi di kolam air panas alami menjadi solusi tepat bagi Anda yang mengalami stres. Bagi yang tidak stres pun, kegiatan ini bisa cocok buat rileksasi tubuh yang kelelahan akibat aktivas sehari-hari.

Namun perlu diperhatikan soal temperatur airnya, dianjurkan sekitar 30 – 35 derajat celsius. Berendam atau mandi air hangat sangat baik meredakan ketegangan, apalagi jika dilakukan di pemandian air panas di alam terbuka sambil menikmati pemandangan alam. Dijamin stres akan hilang menjauh dan tubuh menjadi lebih rileks.

Mengeluarkan racun

Selain menghilangkan stres, berendam atau mandi air hangat sekitar 32-35 derajat celsius dapat membuka pori-pori, sehingga membantu mengeluarkan toksin atau racun di dalam tubuh. Kemudian mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot, dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10 hingga 20 menit.

Mengobati Eksema & Infeksi

Berendam atau mandi air panas dapat juga mengobati penyakit kulit tertentu, seperti eksema, ruam, atau gatal-gatal. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit. Selain itu, berendam sekitar 15-20 menit juga dapat membantu penyembuhan penyakit-penyakit infeksi kulit. Hal ini pengaruh dari sifat belerang yang mengandung antiseptik.

Meringankan Flu dan Sakit Kepala

Dengan merendam kaki di dalam air panas alami dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala, sekaligus menyegarkan kembali kaki yang sudah lelah. Setelah selesai, basuh kaki dengan air dingin. Kegiatan ini dianjurkan dilakukan selama 10-20 menit.

Mengobati Insomnia

Tak hanya mengobati flu, berendam atau mandi di kolam air panas alami juga sangat baik bagi Anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Dengan kegiatan ini, kita akan bisa tidur lebih nyenyak. Durasinya dianjurkan dilakukan selama 10 – 20 menit. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu, dan sembelit.

Memperlancar Sirkulasi darah

Sirkulasi darah di tubuh akan lebih lancar dengan berendam atau mandi di air panas. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan organ-organ vital dalam tubuh, seperti jantung, paru paru, ginjal, liver, dan lainnya.

Mengobati jerawat

Selain kegiatan berendam atau mandi di air panas alami. Kandungan sulfur pada air panas alami pun dapat mengobati jerawat di wajah. Caranya, usapkan saja beberapa kali air panas yang mengandung belerang itu.

Meringankan keluhan penyakit tulang

Berendam atau mandi di kolam air panas alami juga bisa meringankan keluhan penyakit tulang, seperti rematik, sakit bahu, sakit pergelangan tangan dan kaki.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat berendam dan mandi air panas juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas,memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, dan sangat efektif menghilangkan pegal-pegal.

Sementara itu, bersumber dari hasil penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam “New England Journal of Medicine” yang dikutip via laman eventkampus.com, menunjukkan beberapa temuan penting mengenai manfaat mandi air panas, yaitu sebagai berikut:

  1. Penelitian di Jepang menunjukkan hasil dari 10 menit berendam dalam air panas dapat memperbaiki kesehatan jantung, terutama untuk kaum lelaki.
  2. Mandi air panas dapat mengeluarkan racun. Air dengan suhu antara 32-35 celcius dapat membuka pori pori dan membantu mengeluarkan racun toksin dalam tubuh.
  3. Menyembuhkan sakit otot yang pegal-pegal.
  4. Mandi air panas selama 10-20 menit dapat menjaga usus besar bekerja dengan baik.
  5. Terapi mandi air panas dapat membantu mengatasi penyakit kulit.
  6. Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan dari selesma,sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah.***(IG/berbagai sumber)