Ada Rusa “Candy” di Green Grass Cikole Lho…

oleh -
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Barat (KBB) Sri Dustirawati saat menandatangani akte penamaan rusa di objek wisata Green Grass Cikole di Cikole Jaya Giri Lembang,MInggu (08/12/2019). Foto:zulfie

JALAJAHNUSAE.com – Keberadaan rusa di objek wisata Green Grass Cikole di Cikole Jaya Giri Lembang,Kabupaten Bandung Barat (KBB) menambah spot bagi para pengunjung objek wisata yang baru dibuka, 19 November 2019  itu.

Pada 8 Desember 2019 lalu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB Sri Dustirawati berkesempatan memberikan nama kepada salah satu dari 6 ekor rusa titipan (hibah) dari Istana Bogor tersebut.

Nama yang disematkan untuk rusa betina ke-6 yakni Sricandy (Candy) yang diambil dari kata Srikandi. Makna filosofi   dibalik pemberian nama tersebut adalah agar rusa dimaksud bisa tumbuh sehat dan kuat, tanpa menghilangkan kesan elegan dan menarik,bagai srikandi.

Diharapkan rusa dengan panggilan “candy” juga berarti manis nantinya dapat menjadi daya tarik wisata baru di area KBB . Apalagi nama ini cukup familiar ditelinga kaum milenial.

Rusa tutul yang dikenal dengan nama latin Axis axis ini sendiri  adalah sebagian rusa  hibah dari Istana Bogor yang kini jumlahnya mencapai 600 ekor.

Foto:zulfie

Jumlah ini sudah melebihi populasi ideal yakni 400 ekor sehingga  Presiden Jokowi mengintruksikan agar dapat disebar ke berbagai wilayah.

“Dari dari 38 daerah pemohon, alhamdulillah kami (Perhutani Jawa Barat) kebagian 6 ekor, masing-masing 2 jantan dan  4 betina. Dan jumlah 6 ekor ini adalah rusa terbanyak yang diberikan karena perhutani dinilai sudah berpengalaman merawat dan  mengembangkan rusa” kata General Manager Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Divre Janten, Agus Mashudi kepada Jalajahnusae.com.