China Marah Film Mulan Mendapat Tempat Di Media Barat

oleh -
Aktris Yifei Liu, pemeran tokoh Mulan yang film-nya sendiri mendapat penolakan dari negeri asalnya, China. (Foto:IG-@mulan)

BEIJING, Jalajahnusae.com  – Film legenda masyarakat China Mulan, mendapat tempat di media barat. Film yang menghabiskan biaya 200 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,96 triliun memang digarap cukup apik oleh produsen Disney.

Alih-alih bangga dengan maha karya itu, pemerintah China justru memerintahkan sejumlah media utamanya untuk tidak menyiarkan berita terkait Mulan, seperti yang ramai menjadi pembicaraan penikmat layar lebar.

Rupanya, China tersinggung karena film tersebut juga menyinggung isu pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

Informasi itu disampaikan oleh empat orang narasumber yang mengetahui surat edaran pemerintah tersebut, tetapi mereka tidak bersedia disebutkan namanya.

Larangan pemberitaan itu kemungkinan akan merugikan Disney yang berharap Mulan dapat ditonton banyak warga China mengingat negara itu menempati urutan kedua untuk penonton sinema terbesar dunia.

Terkait tujuan itu, film Mulan, yang kisahnya berasal dari legenda rakyat China, menampilkan banyak aktor legendaris asal Tiongkok seperti Gong Li, Donnie Yen, dan Liu Yifei.