PHRI Minta Tak Ada Pembangunan Hotel di Bendungan Ciawi

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Pelaku industri pariwisata di Kabupaten Bogor, Jawa Barat khususnya yang bergerak di bidang akomodasi perhotelan meminta pemerintah tidak membangun hotel di sekitar bendungan Ciawi dan Sukamahi.

Aspirasi ini disampaikan untuk menyeimbangkan keberadaan hotel yang sudah sangat padat di kawasan puncak.

“Harus ada moratorium di proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi agar tidak juga dibangun hotel atau penginapan. Pemerintah sebaiknya fokus saja pada upaya pengendalian banjir dan pengembangan destinasi,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Bogor, Budi Sulistyo ketika dihubungi Jalajahnusae.com, Senin (10/09/2020).

Menurut Budi, meski proyek pembangunan bendungan baru tahap pembebasan lahan dan penataan lanskap, namun perencanaan untuk pemanfaatkan bendungan tersebut harus melibatkan komponen masyarakat. Termasuk kalangan industri pariwisata.

“Hal ini menjadi penting, agar manfaat bendungan untuk menjadi sebuah destinasi tidak kontra produktif dengan yang sudah berjalan sekarang. Contohnya, tadi itu. Hotel dikawasan puncak kan sudah penuh, jadi tak perlu ditambah lagi di sekitar bendungan,” lanjut Budi yang saat dihubungi tengah berada di Yogyakarta ini.