Gandeng Swasta, Pemkab Pulau Seribu Akan Bangun Wisata Apung

by -
Ilustrasi wisata apung. Foto oleh Antara

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta yang bergandengan dengan PT Paramitra akan bangun wisata apung di kawasan tersebut.

Direktur Utama PT Paramitra 1000 Wisata, Nana Suryana menyebutkan bahwa pengembangan bangunan tersebut dilakukan untuk menambah daya tarik bagi pengunjung.

“Sengaja kami gencarkan guna meningkatkan kualitas wisata di Jakarta demi menambah daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara dengan membangun destinasi wisata baru,” kata Nana, dilansir Jalajahnusae dari Antara, Kamis, 10 Juni 2021.

Nantinya, PT Paramitra 1000 Wisata akan mengerjakan pembangunan penginapan apung dan penataan Kawasan Hexagon, Pulau Panggang, Kepulauan Seribu.

Dia juga mengatakan pembangunan sarana wisata itu adalah salah satu upaya untuk menjadikan Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) maupun sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata Indonesia.

Sedangkan pihak yang ikut terlibat dalam proyek ini meliputi Dinas Perizinan DKI Jakarta, dinas terkait, TGUPP, Jakarta Investment Center (JIC), sejumlah biro di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Kepulauan Seribu serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Rapat bersifat pendalaman maksud dan tujuan swasta dalam membangun penginapan terapung (house floating boat),” katanya.

Sementara, status kawasan Hexagon merupakan fasilitas umum dan sosial Pemkab Kepulauan Seribu. Untuk pembangunan penginapan terapung sepenuhnya berasal dari PT Paramitra 1000 Wisata.

Pembangunan selalu memiliki dampak negatif terhadap ruang hidup warga dan ekosistem alam sekitar kawasan.

“Karena itu kami siap memenuhi segala proses perizinan dari dinas terkait mulai dari provinsi hingga kementerian,” katanya.

Bupati Kepulauan Seribu Junaidi akan membuka kesempatan kerja sama bagi pihak swasta dan masyarakat untuk proyek ini.

“Kami membuka kesempatan kepada masyarakat maupun pihak swasta berkolaborasi dan bekerjasama untuk menambah destinasi-destinasi wisata potensial yang ada di Kepulauan Seribu,” kata Bupati Kepulauan Seribu Junaidi.

Keduanya sepakat untuk menerapkan konsep kolaborasi dan kerjasama untuk masyarakat dalam proyek pengembangan wisata apung ini. (*/JAV)