Dunia Pelayaran Mengharapkan Bantuan Vaksinasi Gratis

by -
Ilustrasi. Kapal yang sedang berlayar di lautan. Foto Pixabay

JALAJAHNUSAE.COM – Industri pelayaran berharap mendapat bantuan dari seluruh stakeholder guna meningkatkan nilai ekonomi saat pandemi. Salah satunya dengan mengadakan vaksinasi untuk pekerja pelayaran.

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan, sektor pelayaran sangat terdampak pandemi. Mulai dari turunya minat wisatawan yang mempengaruhi jumlah penumpang transportasi pelayaran.

Namun, Carmelita melanjutkan bahwa hingga kini sektor pelayaran belum mendapat dukungan yang signifikan.

Dirinya juga mengatakan bahwa ketiadaan dukungan yang optimal kurang sejalan dengan upaya peningkatan nilai ekonomi di sektor ekonomi pariwisata, khususnya bidang perjalanan pelayaran.

Salah satu dukungan paling signifikan saat ini ialah pemberian vaksin bagi pelaku transportasi pelayaran.

Carmelita mengatakan, percepatan vaksinasi ini akan berdampak besar karena pelaku transportasi pelayaran merupakan garda terdepan dalam kegiatan pariwisata maupun distribusi logistik.

Vaksinasi bagi pelaku pelayaran, lanjutnya, harus diberikan secara gratis. Mengingat pelaut bekerja di bidang pelayanan publik. Apalagi, hal ini tengah mmenjadi perbincangan di dunia maritim internasional.

“Vaksinasi bagi pelaut Indonesia harus segera dilakukan demi keselamatan dan kesehatan para pelaut, dan juga menjaga pendistribusian logistik kita tidak terganggu,” ujar Carmelita, dilansir Jalajahnusae dari Suara, Rabu, 9 Juni 2021.

Lalu, Carmelita juga menyampaikan bahwa dukungan lainnya yang perlu diberikan terhadap pelaku pelayaran yakni keringanan pajak PPN dan PBBKB untuk pembelian BBM dan pelumas, dan pembebasan PPN untuk Jasa Kepelabuhanan dan Jasa Pelayanan Kapal. (*/JAV)