Dua Gerai McDonald’s Bandung Disegel, Ini alasannya

by -
BTS Meals
Petugas rumah makan siap saji McDonald di Jalan Djuanda (Simpang Dago),Kota Bandung,Jawa Barat,Kamis (19/3/2020) melakukan pengecekan suhu tubuh kepada pengunjung. Foto: Jalajah Nusae/adhi

BANDUNG, Jalajahnusae.com – Ini contoh strategi promosi yang kurang tepat. Alih-alih bisa meningkatkan revenue, dampak yang timbulkan justru mengancam keberadaan tempat penjualan produk  itu sendiri.

Seperti yang terjadi dalam kasus promo BTS Meals di gerai makanan siap saji, baru-baru ini. Karena menimbulkan kerumuman, Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung terpaksa menyegel dua restoran McDonald’s (McD) pada, Rabu 9 Juni 2021.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan dua gerai McD yang disegel itu berada di Jalan Buahbatu dan di Bundaran Cibiru.

Timbulnya kerumunan itu diduga karena para ojek online mendapat banyak pesanan menu promosi baru yakni BTS Meals.

“Outlet yang di Buahbatu dan Cibiru dilakukan penyegelan,” kata Rasdian saat dihubungi.

Menurutnya penyegelan itu dilakukan sebagai contoh untuk menjadi kewaspadaan terhadap gerai McD lainnya.

Namun menurutnya semua gerai Mcd yang sempat menimbulkan kerumunan juga bakal diberi sanksi sesuai Peraturan Wali Kota.

Selain penyegelan, para petugas Satpol PP juga melakukan pembubaran kepada ojek online yang berkerumun di sejumlah gerai McD itu. Karena menurutnya kerumunan tersebut merupakan pelanggaran protokol kesehatan.

Grup band asal Korea Selatan, BTS memperlihatkan produk makanan McDonald’s yang dipromosikan. Foto: IG.

“Melanggar prokes adanya kerumunan,” katanya.

Adapun selain penyegelan selama 14 hari, ancaman sanksi yang diberikan kepada sejumlah gerai McD itu berupa denda Rp500 ribu.

Baru-Baru ini, McDonald’s merilis produk makanan yakni BTS Meals buah dari kerjasama restoran itu dengan grup penyanyi asal Korea Selatan yakni BTS.

Adapun BTS Meals itu hanya bisa dipesan secara lantatur (drive thru) dan juga bisa melalui aplikasi jasa pengantaran daring dengan ojek online.

Harga menu BTS Meal bisa didapatkan dengan harga Rp51.000 di semua gerai McDonald’s di seluruh Indonesia.

Adapun menu BTS Meal merupakan menu spesial McD dari hasil kolaborasi dengan BTS, sebuah boyband asal Korea Selatan.

BTS Meal resmi dipasarkan mulai hari ini, Rabu (9/6/2021) dan dijual sejak pukul 11.00 WIB.

“Dapatkan BTS Meal sekarang dan pesan mulai jam 11 pagi di Drive Thru, McDelivery, GoFood, GrabFood dan juga ShopeeFood,” tulis akun Instagram @mcdonaldsid, kemarin.

BTS Meal terdiri dari sembilan potong nuget ayam, kentang goreng kemasan medium, minuman kola gelas medium, saus cajun, dan sweet chili.

Harga tersebut merupakan harga yang tertera di aplikasi GoFood dan belum termasuk ongkos kirim dan biaya bungkus.

Sementara itu, tidak semua gerai McDonald’s membuka layanan jual beli di GoFood.  Begitu pun, harga di Go-Food berbeda jika pesan drive thru lewat aplikasi McDonald’s atau website www.mcdelivery.co.id. Jika ada aplikasi McDonald’s di ponsel,  bisa langsung klik penawaran.

Di aplikasi McDonald’s, harga BTS Meal Medium dijual dengan harga Rp 40.909. Sementara, harga BTS Meal Dua Kali Medium dijual dengan harga Rp 77.273. (*/adh)

Sumber: Antara