Panduan Sholat Idul Fitri Ditengah Pandemi, Ini Yang Perlu Diperhatikan

by -
Sholat Idul Fitri
Ilustrasi. Sholat Idul Fitri ditengah pandemi tahun ini diperbolehkan dengan berjamaag. Syaratanya, tetap memperhatikan panduan protokol kesehatan (Prokes). Foto: Pixabay

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Sholat Idul Fitri diperbolehkan di luar rumah secara berjamaah pada masa pandemi dengan tetap memperhatikan panduan yang ada.

Namun demikian, para pakar kesehatan bersepakat meminta para kaum muslim untuk tetap menerapkan  protokol kesehatan secara ketat.

Kewajiban prokes ini demi menurunkan angka penularan dan menghindari klaster baru COVID-19, termasuk saat Lebaran.

Guru Besar Paru dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Tjandra Yoga Aditama saat dihubungi Senin 10 Mei 2021 mengatakan, ada tidaknya varian corona Anda tetap harus menjaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain dan semua orang harus mengenakan masker termasuk saat shalat Id.

Hal ini sebenarnya juga berlaku saat Anda melaksanakan shalat tarawih selama Ramadhan dan shalat wajib berjamaah di masjid.

Ketua Tim Pedoman dan Protokol dari Tim Mitigasi PB IDI, Eka Ginanjar saat dihubungi dalam kesempatan terpisah menekankan, pentingnya Anda dan pihak penyelenggara shalat Id memperhatikan areanya apakah masuk zona merah atau bukan, banyak pendatang dari luar area atau tidak sehingga risikonya dapat dinilai.