Booking Kamar Hotel Di Pangandaran Baru 35 Persen

oleh -
Pantai Timur Pangandaran menjadi spot menarik untuk menikmati matahari terbenam (sunset). Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Menutup akhir tahun banyak warga memilih pantai sebagai tempat liburan. Moment ini pun sangat dimanfaatkan pelaku industri hotel dan pemilik restoran. Rejeki akhir tahun biasanya cukup membantu meningkatkan revenue.

Tak terkecuali di Kabupaten Pangandaran. Kawasan pantai yang indah masih menjadi daya tarik masyarakat untuk menghabiskan akhir tahun dan tahu baru.

Lalu bagaimana kondisi tingkat hunian kamar menjelang akhir tahun?

Sejauh ini belum terlihat lonjakan tamu yang menginap, namun seperti tahun-tahun sebelumnya, booking kamar baru akan terlihat di last minute.

“Sampai minggu kemarin, baru sekitar 35 persen yang booking. Hari ini saya belum cek lagi karena kebetulan saya sedang di Bandung,” kata General Manager Arnawa Hotel Aby Kuwanto kepada Jalajahnusae.com, Senin (09/12/2019).

General Manager Horison Palma Pangandaran Ferry (kiri) saat mendampingi Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata ssat meninjau pe,benahan Pantai Barat beberapa waktu lalu. Foto: Jalajah Nusae/adhi

Hal senada juga disampaikan General Manager Horison Palma Pangandaran Ferry bahwa belum ada lonjakan tamu yang memesan kamar untuk liburan akhir tahun.

“Untuk tamu hotel disini susah ditebak ya. Sekarang saja baru 50 persen yang full booked. Tahun lalu di awal tahun. Begitu pun tahun sebelumnya di last minute, jadi agak susah memastikan,” kata Ferry.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran Agus Mulyana mengatakan bahwa untuk liburan akhir tahun, biasanya kamar hotel akan terisi penuh. Bahkan rumah-rumah penduduk pun kerap disewakan.