Wishnutama Bawah Strategi UMKM di Forum Menteri Pariwisata G20

oleh -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat berbicara dalam pertemuan Luar Biasa Menteri Pariwisata Negara G20 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (07/10/2020). (Foto:Kemenparekraf)

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Kebijakan strategis bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dinilai sangat penting dalam upaya memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akibat pandemi COVID-19.

“Saya yakin bahwa strategi itu akan memperkuat pendekatan kita terhadap penciptaan solusi yang inklusif di negara-negara berkembang maupun negara yang bergantung pada perjalanan wisata,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Rabu (07/10/2020) lalu.

Hal itu disampaikan Wishnutama saat menghadiri pertemuan Luar Biasa Menteri Pariwisata Negara G20 yang diselenggarakan secara virtual.

Ia memaparkan bahwa  Indonesia selalu melihat pentingnya kebijakan strategis terhadap upaya peningkatan UMKM.

Sejarah mencatat, dalam situasi krisis seperti sekarang akibat pandemi COVID-19, pelaku UMKM justru hadir menjadi tulang punggung ketahanan ekonomi.

Ia pun mendorong agar penguatan pelaku UMKM menjadi strategi bersama negara-negara G20 dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata.