Wishnutama : Ngapain Malaysia Dijadiin Saingan Kita

oleh -
Menparekraf Wishnutama Subandio. Foto:IG-@wishnutama

JALAJAHNUSAE.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishutama Kusubandio mengisyaratkan pengembangan pariwisata ke depan lebih menfokuskan pada kualitas. Kini era pariwisata Indonesia tak lagi melihat kunjungan turis, tapi seberapa besar devisa yang bisa diberikan turis.

Oleh sebab itu dalam membidik wisatawan mancanegara (Wisman),Wishnutama ingin mengambil kompitisi tidak hanya di kawasan Asia tetapi bagaimana bersaing dalam memperebutkan turis premium.

“Saya lihat nih, mohon maaf, Indonesia itu kayaknya emosi banget sama Malaysia sama Thailand, padahal ngapain mereka dijadiin saingan kita,” terangnya saat berbicara dalam The Next Dev di Jakarta Convention Center, Sabtu (7/12/2019).

Terkait persaingan pariwisata,tidak menganggap Malaysia dan Thailand. Justru ia menunjuk New Zealand.

Wishnutama menjelaskan, kerap kali dalam persaingan pariwisata, Indonesia dibanding-bandingkan dengan Malaysia dan Thailand. Terutama, jumlah kunjungan turis.

“Kita selalu bandingin Malaysia itu 25 juta visitor setahun, jauh lebih daripada kita,” katanya.

Wishnutama pun menyebut New Zealand. Dia memberikan contoh terkait jumlah kunjungan turis per tahun di sana dan spending-nya.

“Mau kompetisi ya kerenan dikit gitu ya, kita lihat New Zealand. Mereka visitor-nya cuma 4 juta setahun, tapi spending-nya 5 ribu USD. Kalau Indonesia, spending-nya masih 1.200 USD,” ungakpnya.

“Kita bicara kualitas. Experience pariwisata adalah kualitas. Ini juga sesuai dengan Bapak  Presiden yang mana itu akan berpengaruh pada devisa negara. Bukan lagi ke kuantitas,” paparnya.

(adh)