Sampai Desember Pencapaian Pajak Kota Bandung Tembus di Rp 1,9 Triliun

oleh -
Pemerintah Kota Bandung menggelar Malam Anugerah Pajak. Acara ini di persembahkan untuk memberikan apresiasi kepada wajib pajak yang telah membayar tepat waktu dan tepat jumlah. Acara berlangsung di The Trans Luxury Hotel Bandung. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung, Ir. H. Arif Prasetya optimistis pada 2019 ini raihan pajak bisa menembus 82 persen dari target pencapaian sebesar Rp2,552 triliun. Saat ini saya perolehan dari sektor pajak telah mencapai 78 persen atau sekitar Rp1,978 triliun.

Guna mengejar target tersebut, Arif melancarkan beragam strategi di antaranya dengan berkoordinasi bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menginventarisir piutang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Dengan cara ini  BPPD bisa memilah potensi piutang yang bisa ditagih ataupun tidak,” kata Arief usai pemberian penghargaan kepada wajib pajak dalam acara Malam Anugerah Pajak, Jumat malam (06/12/2019).

Strategi lain yang dilakukan,lanjut Arif, yakni dengan mencoba menjalankan program sunset policy. Artinya para wajib pajak yang menunggak hanya membayar pagu pokok pajaknya saja, tanpa harus terbebani sanksi denda keterlambatan.