Joe Biden Menang Pilpres AS, Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat

oleh -
Calon Presiden Amerika Joe Biden (kanan) bersama koleganya mantan Presiden Amerika Barack Obama. Joe Biden dipastikan melangkah ke Gedung Putih setelah kemenangannya, Sabtu (07/11/2020). (Foto: Dok)

 JALAJAHNUSAE.com –  Edison Research dan sejumlah jaringan televise di Amerika memastijan kandidat partai Demokrat Joe Biden memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat pada Sabtu, (07/11/2020) waktu setempat.

Dengan kemenangan ini Joe Biden akan menggantikan kursi Donald Trump di Gedung Putih yang telah ia tempati sejak 2017 lalu.

Seperti di laporkan kantor berita BBC, Sejumlah pemimpin dunia langsung memberikan ucapan selamat kepada Joe Biden-Kamala Harris sebagai presiden wakil presiden terpilih Amerika Serikat.

Kemenangan pasangan dari Partai Demokrat diproyeksikan sesudah penghitungan suara di Pennsylvania, salah satu negara bagian penentu, dan memastikan Biden mengalahkan presiden petahana dari Partai Republik, Donald Trump.

Pemimpin negara tetangga paling dekat dengan Amerika Serikat (AS), Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan ia “benar-benar menantikan” untuk bekerja sama dengan Biden dan wakil presiden Kamala Harris, dan menggarisbawahi hubungan dekat antara kedua negara.

Kemenangan itu diraih Biden ketika para pemilih dengan tegas menolak kepemimpinan yang gaduh dari petahana dari Partai Republik Donald Trump, untuk menyambut janji Biden tentang upaya baru dalam melawan pandemi virus corona, memperbaiki ekonomi dan menyembuhkan bangsa yang terpecah.