Geopark Ciletuh dengan Izu Peninsula Geopark Jalin Kerja Sama

oleh -
Penandatanganan MoU, bertempat di Aula Kantor Pemerintah Prefektur Shizuoka, Jepang, Rabu (6/11/2019). (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dan Pemerintah Prefektur Shizuoka, Jepang menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama UNESCO Global Geopark antara Geopark Ciletuh dengan Izu Peninsula Geopark.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Prefektur Shizuoka Heita Kawakatsu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, dan Wali Kota Izu Peninsula yang juga Ketua Dewan Promosi Izu Geopark, Yutaka Kikuchi menyaksikan proses penandatanganan MoU. Bertempat di Aula Kantor Pemerintah Prefektur Shizuoka, Jepang, Rabu (6/11/2019).

Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil mengungkapkan, kerjasama antara dua geopark ini cerminan dari dua potensi keindahan Jawa Barat dan Shizuoka yang mewakili Indonesia dan Jepang.

“Shizuoka adalah Tengoku (Surga-nya) Jepang dan Jawa Barat adalah Tengoku-nya Indonesia,” ujar Emil yang dikutip dari laman Humas Jabar.

Lebih lanjut Emil mengatakan, Jawa Barat dianugerahi potensi keindahan alam mulai dari ratusan air terjun hingga pegunungan hijau aktif yang terus dijaga demi keseimbangan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Jadi kerjasama ini diharapkan memberikan banyak manfaat.

Ia juga menyatakan Shizuoka bisa membuka peluang dagang dengan Sukabumi karena memiliki potensi hasil bumi yang berlimpah.

“Di luar itu Jawa Barat juga memiliki potensi kopi yang pernah menyabet penghargaan tingkat dunia serta buah-buah tropis yang diminati warga Jepang. Hasil bumi ini bisa kami kirim ke Shizuoka,” katanya.