Kawah Putih Ciwedey Masih Berbahaya Karena Api Belum Padam  

oleh -
Objek Wisata Kawah Putih Ciwedey di Kabupaten Bandung,Jawa Barat terbakar Senin malam (7/10/2019) pada pukul 18.30 WIB. Sampai saat ini api masih terus dipadamkan. Foto: Ist

JALAJAHNUSAE.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sekitar Kawah Putih Ciwedey,Kabupaten Bandung,Jawa Barat masih cukup berbahaya bagi pengunjung. Hingga pukul 18.30 Senin malam (7/10/2019) api masih menyala dan membakar pohon dan ilalang disekitarnya.

Perhutani, pemerintah, serta masyarakat terus melakukan pemadaman kebakaran hutan yang tepatnya berada  di Gunung Malabar tersebut.

“Untuk di wilayah Malabar sudah maksimal, titik api di lokasi yang sama. Api nyebrang ke titik 31 karena angin kencang, ditambah pemadaman alamiah terkendala karena faktor lokasi yang terjal dan aksesnya hanya bisa ditempuh secara manual atau jalan kaki,” ujar Tedi Sumarto, Administratur Perhutani KPH Bandung Selatan.

Sementara itu Kapolsek Ciwidey, AKP Ivan menjelaskan bahwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 14.00 WIB. Awalnya titik api berasal dari lokasi wisata Sunan Ibu, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

“Titik awal dari Sunan Ibu sekitar 700 meter dari Lokasi Kawah Putih. Merambat kebawah, sampai jembatan Sky Walk. Lokasi terbakar sekitar 5 hektar,” katanya.

Api kemudian meluas hingga mencapai Kawah Putih. Oleh sebab itu,kepada masyarakat agar berhati-hati dan tidak mendekati kawasan ini karena api belum seluruhnya bisa dipadamkan.