Yogyakarta Siapkan Strategi Khusus Untuk Hadapi Libur Lebaran

by -
Ilustrasi Tugu Jogja dari Pixabay

Jalajahnusae.com – Menyikapi larangan mudik dari pemeritah, Dinas Pariwisata Yogyakarta telah siapkan strategi agar sektor pariwisata tetap berjalan saat libur lebaran yakni dengan menarik wisatawan lokal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Rabu (7/4/2021).

“Potensi wisatawan lokal ini yang harus digarap secara serius saat libur Lebaran nanti. Kunjungan wisatawan antar kota dalam provinsi yang akan dioptimalkan,” kata Wahyu dilansir Jalajahnusae.com dari Antara.

Menurutnya, strategi menarik wisatawan lokal perlu dilakukan karena hingga saat ini pemerintah pusat belum mengeluarka larangan untuk menutup tempat wisata.

“Jika wisatawan dari luar provinsi sulit masuk ke Yogyakarta akibat pengetatan di perbatasan, maka yang harus dilakukan adalah menggerakkan wisatawan lokal di DIY,” kata Wahyu.

Namun, potensi wisatawan lokal saat libur Lebaran diperkirakan tidak akan lebih besar dibandingkan dengan potensi wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke Yogyakarta.

“Peningkatan kunjungan wisata ke Yogyakarta sempat terjadi pada libur akhir pekan bertepatan dengan peringatan Paskah kemarin. Bahkan rerata okupansi hotel mencapai 60 persen,” lanjut Wahyu.

Sementara, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY), Aldi Fadlil Diyanto mengungkapkan bahwa terkait tempat pariwisata Yogyakarta yang tetap dibuka, memang satu-satunya cara agar industri pariwisata tetap berjalan dengan aman penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami sudah melakukan sosialisasi dan promosi bahwa pariwisata di Yogyakarta tetap eksis dan dilakukan berdasar protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Aldi.