Denmark Mulai Menggeliat Pasca Pelonggaran Lockdown

oleh -
Kota Copenhagen, Dennmark. Foto: eleonorarusin

JALAJAHNUSAE.com – Denmark adalah negara pertama Eropa yang menutup negaranya akibat virus Corona (Covid-19). Denmark pula yang kini melonggarkan lockdown dan berencana membuka sekolah dan penitipan anak pada 15 April 2020.

Sementara itu, negara lain belum usai bertarung dengan virus Corona.

Langkah ini merupakan tahapan awal pelonggaran lockdown yang sudah 3 minggu mereka lakukan untuk menghalau penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Hal tersebut disampai Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, pada Rabu (8/4/2020).

Negara nordik itu merupakan negara pertama di Eropa yang menutup negaranya akibat virus Corona. Usaha tersebut berbuah hasil dimana angka pasien dan kematian akibat COVID-19 berangsur menurun.

Saat ini Denmark tengah berupaya untuk menstabilkan keamanan populasi dan risiko ekonomi setelah resesi hebat yang tak hanya mereka alami sendiri melainkan seluruh negara di dunia.

“Ini mungkin seperti berjalan di atas tali. Jika kita berdiri diam di sepanjang jalan, kita bisa jatuh dan jika kita berjalan terlalu cepat, itu bisa salah. Oleh karena itu, kita harus mengambil satu langkah dengan hati-hati pada satu waktu,” kata Frederiksen dalam konferensi pers sebagaimana diwartakan Reuters.