Sandiaga Ajak HIPMI Kembangkan UMKM dalam Ranah Digital

by -
Ilustri Ekonomi Kreatif Berbasis Online

Jalajahnusae.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) minta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) turut kolaborasi dalam pengembangan ekonomi kreatif. Pihaknya mengajak HIPMI untuk kolaborasi dalam aktifasi digital UMKM.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat menghadiri rapat kerja HIPMI secara virtual pada Sabtu, (6/3). Sandiaga mengatakan, saat ini pemerintah membutuhkan bantuan dalam pengembangan UMKM di ranah digital.

Sandiaga mencatat, saat ini ada 4 juta UMKM yang aktif secara digital. Namun angka tersebut masih kecil jika dibandingkan dengan total 65 juta UMKM yang ada di Indonesia.

“Saya targetkan 10 hingga 15 juta UMKM bisa masuk ekosistem digital tahun ini. Gak bisa pemerintah bekerja sendiri, pemerintah butuh HIPMI, butuh seluruh sinergi dan kolaboasi,” kata Sandiaga, dilansir dari JPNN.com.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga mengajak HIPMI berkolaborasi dalam rangka pengembangan desa wisata yang menjadi program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandiaga juga melanjutkan bahwa desa wisata akan menjadi perubah situasi. Sebab selama ini sektor wisata hanya dikuasai oleh kelompok atas. Sementara pemerintah saat ini menyiapkan destinasi desa wisata yang nantinya akan dikelola masyarakat.

”Temen-temen HIPMI semestinya bisa menjadi champion champion di desa-desa wisata di mana pun berada. Saya butuh HIPMI untuk terlibat, bagaimana anggota HIPMI yang tersebar di seluruh Nusantara bisa menjadi mitra kami,” kata Sandiaga, dilansir dari JPNN.com. (JV/TSS)