Disbudpar Aceh Akan Gelar Event Gowes Tour de Koetaradja

by -
Ilustrasi ajang balap sepeda - Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

ACEH, Jalajahnusae – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh berencana menggelar ajang balap sepeda Tour de Koetaradja pada 14 Maret 2021 mendatang. Gelaran ini bertujuan untuk meningkatkan nilai pariwisata di Aceh.

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin menjelaskan, kegiatan ini mengusung tema “Explore Koetaradja & Feel the Sensation” dan konsep sport tourism. Jumlah pesertanya diperkirakan 200 orang dari berbagai kota, termasuk Medan, Jakarta dan Bandung.

Dalam kegiatan tersebut Sondi Sampurno, satu-satunya race director internasional balap sepeda jalan raya dari Indonesia, juga akan hadir untuk turut memeriahkan acara tersebut.

Tour de Koetaradja menyuguhkan dua kelas, yakni King of Mountain (KOM) dengan pembagian kelompok umur, 17-34 tahun, 35-44 tahun, dan 45-54 tahun, dan Queen of Mountain (QOM) tanpa ada pengelompokan umur.

Jarak dan Rute Tour de Koetaradja

Jarak yang akan ditempuh yakni sejauh 71 km, dengan titik awal dari Museum Aceh, Simpang Kodim, lalu melewati Masjid Raya Baiturrahman, Jembatan Pante Pirak, Simpang Jambo Tepe hingga Simpang Mesra. Ada pula alternatif jalur lainnya.

“Tour de Koetaradja pesertanya 35 persen dari luar Aceh dengan jumlah totalnya 200 peserta. Kegiatan wisata tidak hanya berguna dalam memperkenalkan Aceh lebih dekat kepada wisatawan, tapi juga mendukung industri pariwisata Aceh di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) serta juga akan meningkatkan perputaran uang di sana, termasuk juga ekonomi,” kata Jamaluddin dikutip Jalajahnusae.com dari Antaranews.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini, akan memberikan kesn kepada wisatawan. Bahwa Aceh tak hanya soal wisata alam dan budaya tetapi juga kegiatan melalui spirit “The Light of Aceh”. (JV/TSS)