Triathlon Series 2021 Belitung Digelar Maret, Jumlah Peserta Dibatasi

by -
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat mendengar paparan dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Minggu (07/02/2021). (Foto:IG-@sandiagauno)

BELITUNG, Jalajahnusae.com – Kabupaten Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung bisa menjadi daerah pertama di tengah pandemi yang akan menggelar event Triathlon.

Sebuah kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun memastikan kesiapan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk menggelar Indonesia Triathlon Series 2021 pada 13 Maret.

“Saya menilai “race” untuk Indonesia Triathlon Series 2021 di Belitung sudah mulai siap,” katanya di Sijuk, Belitung, Minggu (07/02/2021).

Menurut dia, dengan digelarnya Indonesia Triathlon Series 2021  di Belitung diharapkan dapat membangkitkan pariwisata, meningkatkan ekonomi kreatif, memulihkan ekonomi Bangka Belitung setelah pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sandiaga Uno juga melakukan uji coba triathlon dengan berenang sejauh 350 meter di pantai Sheraton Hotel, bersepeda sejauh 33 kilometer dan berlari sejauh tiga kilometer di KEK Tanjung Kelayang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Simulasi atau uji coba triathlon ini menunjukkan bahwa Belitung merupakan salah satu tempat terbaik untuk dijadikan venue triathlon series,” ujarnya.

Sandiaga menambahkan didukung dengan pantai yang sangat jernih dan arus pantai yang cukup menantang serta jalanan yang mulus menjadikan Belitung sebagai salah satu destinasi terbaik di Indonesia.

“Ini kali ketiga saya “open water swimming” di Belitung dan saya juga sudah melakukan “open water swim” di beberapa destinasi yang ikonik di Indonesia dan menurut saya bisa dikatakan bahwa Belitung salah satu yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Indonesia Triathlon Series, Arian Lukman di Sijuk, Belitung, Sabtu, mengatakan jumlah peeserta akan dilakukan secara bertahap.