Trump: Serangan Corona Lebih Buruk Dari Tragedi WTC 11/9

oleh -
Para petugas medis di Maryland,Amerika Serikat (AS) sedang mengangkat pasien virus corona yang akan dibawah ke rumah sakit. Tingkat kematian akibar Covid-19 di AS cukup tinggi. Foto:IG-@afpphoto

JALAJAHNUSAE.com – Pandemi corona (Covid-19) dinilai oleh Presiden Amerika Donald Trump lebih parah dari serangan Jepang terhadap pangkalan militer di Pearl Harbor, Hawaii pada Perang Dunia II silam. Termasuk, lebih parah dari serangan terhadap gedung World Trade Center 2001 lalu.

“Ini lebih buruk dari Pearl Harbor. Ini lebih buruk daripada World Trade Center,” kata Trump mengutip AFP, Kamis (7/5/2020).

Diketahui, militer Jepang menyerang pangkalan AS di Pearl Harbor, Hawaii pada 1941 silam. Serangan tersebut membuat AS ikut serta dalam Perang Dunia II, terutama di wilayah Asia Pasifik, hingga usai pada 1945.

Sementara serangan terhadap Gedung WTC di New York terjadi pada 11 September 2001. AS menuding kelompok teroris dari Timur Tengah sebagai dalang. Hingga kemudian, AS melancarkan operasi militer di Afghanistan, Irak serta beberapa negara lainnya.

“Kami telah melalui serangan-serangan buruk yang pernah dialami negara kami. Ini benar-benar serangan terburuk yang pernah kami alami,” ucap Trump.

Sejauh ini, lebih dari 70 ribu warga negara AS meninggal dunia akibat virus corona. Trump memperkirakan bahwa angka kematian corona di AS bisa mencapai 100 ribu orang.

“Kita mungkin akan kehilangan 75 ribu, 80 ribu, sampai 100 ribu orang (akibat corona). Ini adalah hal yang mengerikan,” kata Trump dalam wawancara yang disiarkan FOX News pada Minggu (3/5) pekan lalu.

Meski demikian, Trump berencana membubarkan gugus tugas pemerintah untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19) di Negeri Paman Sam bulan ini.

Hal itu disampaikan seorang pejabat senior Gedung Putih kepada CNN pada Selasa (5/5). Pejabat yang tak diungkap identitasnya itu menuturkan gugus tugas pemerintah AS “akan diberhentikan secara bertahap pada peringatan Memorial Day.”

(adh)