KEK Tanjung Kelayang Siap Tampung 5.000 Pekerja, Pembangunan Kembali Dilanjutkan

by -
Perahu Hias di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung siap mengantar ppara wisatawan menikmati wisata bahari. (Foto: Jalajah Nusae/adhi)

BELITUNG, Jalajahnusae.com  -Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) kembali dilanjutkan.

Sejak ditetapkan pada 14 Maret 2019 lalu, peresmian KEK Tanjung Kelayang sempat tertunda akibat pandemi corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan seiring dengan dimulainya kembali pengembangan KEK Pariwisata Tanjung Kelayang ini maka siap menampung 5.000 pekerja, sehingga dapat menekan angka pengangguran di tengah pendemi COVID-19.

Pantai Pasir putih dengan air laut yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan saat berkunjung ke Tanju8ng Kelayang. (Foto: Adhi)

“Diperkirakan kawasan ini mampu menyerap lapangan pekerjaan hingga 5.000 orang hingga 2025,” kata Sandiaga saat rapat konsolidasi bersama Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman di Belitung, Minggu (07/02/2021).

Ia mengatakan walau pandemi cukup mengkhawatirkan dan membuat penundaan peresmian KEK Tanjung Kelayang yang telah ditetapkan sejak 14 Maret 2019.

Namun demikian melihat kondisi saat ini, pengembangannya tetap dapat dilanjutkan, karena kawasan ini akan berdampak positif bagi Bangka Belitung secara keseluruhan di tengah pendemi ini.

“KEK Tanjung Kelayang harus segera diresmikan,” ujarnya.