Bandara Ahmad Yani Semarang Dibuka Kembali, Banjir Sudah Bisa Dikendalikan

by -
Bandara Ahmad Yani Semarang. (Foto:IG-@ angkasapura172)

JATENG, Jalajahnusae.com – Sempat tutup akibat banjir, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah sudah beroperasi kembali, Minggu (7/2/2021) sejak pukul 06.00 WIB.

Sebelumnya pada,  pada Sabtu (6/2/2021), otoritas bandara menutup seluruh penerbangan karena banjir yang memasuki area penerbangan.

Menurut keterangan pers yang diberikan PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, saat ini cuaca di sana kian membaik.

“Kegiatan operasional di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani pagi ini sudah kembali beroperasi normal seperti semula,” kata General Manager PT AP I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto.

Meski begitu, pihaknya akan selalu memonitor keadaan di lapangan untuk memantau perkembangan cuaca dan trafik pergerakan pesawat, penumpang, dan kargo.

Sejak keadaan bandara kembali normal, sebanyak 26 penerbangan sudah beroperasi kembali, termasuk 13 penerbangan yang datang dan 13 penerbangan yang berangkat.

Adapun, rute dalam 26 penerbangan tersebut adalah Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Denpasar, Surabaya, dan Makassar.

“Terdapat satu penerbangan dibatalkan pada hari ini, yaitu Wings Air IW 1802 tujuan Semarang-Denpasar,” tulis keterangan pers tersebut.

Meski begitu, penerbangan pertama yang telah diberangkatkan pada 06.30 WIB adalah Wings Air IW 1800 tujuan Semarang-Surabaya. Sementara pesawat yang pertama kali mendarat pada 06.55 WIB adalah Garuda Indonesia GA 232.

Hardi menuturkan, penanganan khusus telah dilakukan sejak malam hari hingga pagi tadi sebelum operasional dengan melakukan pengeringan dan pembersihan area landas pacu (runway). (*/adh)

Sumber: Kompas