Kunjungan Wisman ke Kota Batam Meningkat Hingga 3,21 Persen

oleh -
Jembatan Balerang, Ikon Kota Batam. (Foto Pesona Indonesia)

JALAJAHNUSAE.com – Sepanjang tahun 2019, angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Batam tercatat meningkat dibanding tahun sebelumnya. Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Rahyudin, jumlah wisman yang berkunjung ke Batam pada 2019 lalu mencapai 1.947.943 kunjungan.

“Jumlah ini naik 3,21 persen dibanding tahun 2018 sebanyak 1.887.284 kunjungan wisman,” tutur Rahyudin, dikutip dari laman resmi Pemkot Batam.

Dengan sendirinya jumlah kunjungan wisman ke Batam sepanjang 2019 ini, berkontribusi besar terhadap angka kunjungan wisman ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Andilnya mencapai 67,99 persen dari total kunjungan wisman ke Kepri sebanyak 2.864.795 kunjungan.

Rahyudin menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, wisman yang masuk melalui pintu internasional Kota Batam  masih didominasi warga negara Singapura. Persentasenya mencapai 54,20 persen dari total wisman periode Januari-Desember 2019.

“Posisi kedua masih dipegang warga kebangsaan Malaysia, 11,26 persen. Selanjutnya India, China, Filipina, Korea Selatan, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengungkapkan, jajarannya akan berupaya lebih keras lagi untuk mendatangkan lebih banyak wisman di 2020 ini. Berbagai cara akan ditempuh, di antaranya memperbanyak destinasi serta agenda pariwisata.

“Alhamdulillah target wisman dalam RPJMD tercapai. Meski memang belum maksimal karena target yang ditetapkan pusat belum dapat kita capai. Tahun ini kita kembangkan lagi amenitas dan atraksinya. Di samping Pemkot Batam terus membangun infrastruktur untuk mendukung aksesibilitas dunia pariwisata,” ungkapnya.***(IG)