Kemenag Tetapkan BIJB Kertajati Sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji

oleh -
Penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan BIJB sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menag Fachrul Razi kepada Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (Foto Kemenag)

JALAJAHNUSAE.com – Hari ini, Selasa (07/01/2020), Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang berlokasi di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji.

Penetapan ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menag Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Seremonial berlangsung di lantai dua keberangkatan internasional BIJB Kertajati, Majalengka.

Turut hadir dalam acara, diantaranya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar beserta jajarannya, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Bukhori beserta para Kepala Kankemenag, Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II, dan Dirut PT BIJB Kertajati.

Dengan penetapan tersebut, jemaah haji Jawa Barat yang awalnya berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, mulai tahun ini akan terbang dari BIJB Kertajati. Demikian juga saat pulang dari Saudi, mereka akan mendarat di BIJB Kertajati. Kuota haji Jabar sebanyak 38.852 jemaah, dan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

Baca juga: Arab Saudi Setuju BIJB Kertajati jadi Embarkasi Haji 2020

“Seluruh jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di asrama Haji Embarkasi Bekasi,” papar Menag Fachrul Razi, disitat dari laman resmi Kemenag.

“Selanjutnya, seluruh jemaah haji akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Bekasi menuju BIJB Kertajati,” lanjut Fachrul.