Arab Saudi Setuju BIJB Kertajati jadi Embarkasi Haji 2020

by -
Rapat Koordinasi Percepatan pembangunan Tol Cisumdawu dan akses menuju Bandara Kertajati, di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (06/01/2020). (Foto Kemenag)

JALAJAHNUSAE.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat dipastikan akan menjadi embarkasi haji 1441H/2020, setelah disetujui Pemerintah Arab Saudi melalui GACA (Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi).

Kepastian tersebut disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi saat Rapat Koordinasi Percepatan pembangunan Tol Cisumdawu dan akses menuju Bandara Kertajati, di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (06/01/2020) kemarin.

“Kami sepakat akan menggunakan Bandara Kertajati, dan sudah bicara dengan Saudi. GACA (Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi) juga sudah setuju,” ujar Fachrul Razi, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama.

Fachrul Razi mengungkapkan, seiring persetujuan GACA, maka pekerjaan yang terkait kesiapan bandara harus sudah diselesaikan. “Kalau enggak siap, kita malu,” tegasnya.

Rencananya, kelompok terbang (kloter) awal jemaah haji dari Bandara Kertajati diberangkatkan pada 26 Juni 2020. Tahun ini, ada 38.500 jemaah yang direncanakan akan terbang dari Bandara Kertajati.

“Kloter pertama 26 Juni. Jumlah Jemaah 38.500, ada 393 jemaah per kloter. Setiap hari akan berangkat 3 kloter,” ungkap Fachrul.